Cara membaca candlestick binary option bukan hanya menghafal dan mengenal informasi yang ada didalamnya saja. Setiap bentuk atau pola dari candlestick memberikan keterangan dan informasi mengenai apa yang akan terjadi di pasar Forex kedepannya. Untuk itu sangat penting untuk bisa membaca pola dan gambaran dari candlestick itu.

Cara Membaca Candlestick Binary Option


Elemen Dasar Yang Menjadi Panduan Membaca Candlestick

Candlestick binari option memang berjasa dalam memberikan informasi struktur harga. Dari banyaknya pola candlestick di binari option yang rumit dan terlalu banyak membuat orang pusing. Sebenarnya tidak perlu menghafal atau mengetahui pola dari chandlestick itu. Yang dibutuhkan hanyalah pemahaman  atau cara membaca candlestick binary option melalui elemen dasarnya.

1. Ukuran Badan Candlestick

Body dari candlestick merupakan poin pertama yang akan membantu seseorang memperoleh berbagai informasi harga dari trading. Panjang badan dari candlestick akan menunjukkan kekuatan dari salah satu pihak yang berarti momentum akan semakin kuat jika ukuran badannya memanjang.

Sebaliknya, jika ukuran candlestick menyusut maka laju momentumnya akan semakin pelan pula. Dari sini dapat disimpulkan bahwa ukuran panjang badan dari suatu candlestick menunjukkan seberapa jauh harga bergerak. Pergerakan harga ini dilihat dari durasi candle berjalan.

2. Panjang Sumbu Chandlestick

Pada strategi candlestick binari option, panjang sumbu memberikan informasi volatilitas pergerakan harga di trading. Sumbu yang panjang menunjukkan adanya pergerakan harga yang cepat dalam durasi candle, namun mendapat penolakan akibat adanya perlawanan.

Sedangkan jika sumbu semakin panjang menunjukkan peningkatan volatilitas. Kondisi ini sering kali terjadi pada akhir sebuah tren. Sebelum harga kembali ke kondisi awal, atau saat harga mendekati Support Resistance yang penting.

3. Rasio Panjang Badan dan Sumbu

Cara membaca candlestick binary option pada elemen ketiga ini bisa dikatakan mendapat pencerahan. Dari sini seseorang dapat melihat gambaran besar mengenai konsep candlestick. Saat mendapati candlestick memiliki ukuran tubuh yang panjang dengan sumbu mengecil maka saat itu tren sedang dalam momentum yang tinggi.

Sedangkan saat menemukan candlestick yang memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil sedangkan sumbunya memanjang maka pasar sedang dalam keaaan tidak pasti. Hal ini jugalah yang menyebabkan adanya peningkatan pada volatilitas.

4. Posisi Badan Candlestick

Elemen terakhir dalam membaca candlestick adalah melihat posisi badan candlestick. saat candlestick memiliki sumbu oanjang dan posisi badannya berada pada salah satu ujungnya maka ada perlawanan. Sedangkan jika posisi badannya ada di tengah sumbu atas dan bawah maka menunjukkan adanya ketidakpastian pasar.

5. Pola Candlestick yang Menguntungkan

Candlestick memiliki pola yang berbeda – beda dan menunjukkan kondisi yang berbeda. Namun ada beberapa pola yang dapat memberikan keuntungan maksimal dari trading yang dilakukan. pola itu adalah Candlestick Reversal Pattern Level 1, yang terdiri dari beberapa pola.

6.Evening Star

Evening star memiliki 3 candle yang berbeda, yaitu builish candle dengan ukuran panjang pada uptrend. Candle kedua lebih pendek yang mengalami gap antar body candle, sedangkan candle ketiga lebih panjang dan lebih kuat pada gap down.

7. Morning Star

Morning Star juga punya 3 Candle yang pada candle pertama memiliki body yang pandang pada downtrend. Candle kedua lebih pendek dan terjadi gap yang tidak overlap, sedangkan candle ketiganya punya ukuran tubuh yang panjang dan merupakan builish.

Nah itulah beberapa cara membaca candlestick binary option dan beberapa pola candlestick yang menguntungkan yang dibahas pada kesempatan kali ini. Dengan mempelajari elemen – elemen dasar tersebut, akan lebih mudah membaca candlestick dan melihat besarnya kekuatan dari buyer dan seller.
Semoga ulasan ini memberikan informasi dan pemahaman kepada pembaca.